Kapan Waktu Terbaik Minum Vitamin?

Pelajari lebih banyak tentang vitamin, klik di sini.

Banyak yang menyarankan mengonsumsi suplemen pada waktu tertentu untuk membantu pencernaan dan asimilasi gizi. Hal itu memang benar, agar penyerapan vitamin atau suplemen menjadi lebih efektif dan tidak percuma. Untuk itu, sangat penting mengetahui kapan saat tepat mengonsumsi suplemen. Angka Kecukupan Gizi (AKG) untuk vitamin dalam dilihat di sini.

Pada malam hari, konsumsilah suplemen kalsium. Hal ini karena kalsium bekerja dan dibutuhkan tubuh pada malam hari. Selain itu, mengonsumsi kalsium bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak, karena proses penyerapannya oleh tubuh.
Selain kalsium, Anda juga membutuhkan magnesium. Jika suplemen kalsium juga mengandung magnesium, mengonsumsinya secara bersamaan adalah hal yang paling tepat. Meskipun, penyerapan magnesium lebih efektif saat siang hari.

Banyak jenis vitamin, yang penyerapannya paling baik dikonsumsi setelah makan. Vitamin tersebut adalah yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, D, E dan K, karena membutuhkan lemak untuk penyerapannya. Jadi, segera konsumsi suplemen vitamin tersebut setelah Anda mengonsumsi makanan berlemak.

Lalu, untuk vitamin C hanya bekerja selama beberapa jam dalam aliran darah. Untuk itu, konsumsi vitamin C perlu diulang setiap tiga jam agar mendapatkan hasil maksimal. Jadi, dosis suplemen vitamin C yang diperlukan tiap hari bisa dibagi tiga.

Untuk suplemen serat, paling tepat dikonsumsi pada pagi hari. Serat akan diserap usus dengan baik saat pagi hari karena usus bebas dari pekerjaan mengolah makanan. Hal yang penting untuk diketahui adalah serat dapat menyebabkan vitamin tidak terserap tubuh, karena berfungsi sebagai lapisan ke usus.
Untuk itu, konsumsilah vitamin sebelum Anda mengonsumsi serat. Untuk probiotik, sebaiknya dikonsumsi 20 menit sebelum makan. Karena, probiotik bisa membantu proses pencernaan.

Vitamin stimulasi seperti vitamin C, sebaiknya jangan dikonsumsi sebelum tidur, karena akan membuat Anda justru terjaga.
Jika Anda mengonsumsi banyak suplemen, sebaiknya simpan dalam kotak berbeda. Sertai keterangan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya. Letakkan suplemen yang sebaiknya dikonsumsi setelah makan, di meja makan, dan letakkan suplemen lain di tempat mudah dilihat, agar Anda tidak lupa untuk mengonsumsinya.

Lihat sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s