Karbohidrat Sederhana dan Kompleks

Pelajari lebih banyak tentang karbohidrat, klik di sini.

Karbohidrat (hidrat dari karbon, hidrat arang) atau sakarida (dari Bahasa Yunani sáckharon, berarti gula) adalah segolongan besar senyawa organik yang paling melimpah di bumi. Karbohidrat memiliki berbagai fungsi dalam tubuh makhluk hidup, terutama sebagai bahan bakar (misalnya glukosa), cadangan makanan (misalnya pati pada tumbuhan dan glikogen pada hewan) dan materi pembangun (misalnya selulosa pada tumbuhan, kitin pada hewan dan jamur). Pada fotosintesis, tumbuhan hijau mengubah karbondioksida (CO2) menjadi karbohidrat.

Dalam tubuh manusia, karbohidrat dapat dibentuk dari beberapa asam amino dan sebagian dari gliserol lemak. Tetapi sebagian besar karbohidrat diperoleh dari bahan makanan yang dimakan sehari-hari terutama dari tumbuhan.

Karbohidrat mengandung gugus fungsi karbonil (sebagai aldehida atau keton) dan banyak gugus hidroksil. Karbohidrat yang penting dalam ilmu gizi dibagi ke dalam dua golongan, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

jenis-karbohidrat


20161020_123251

Dapatkan buku “Gizi dalam Daur Kehidupan” dengan diskon harga sebesar 20% di sini atau hubungi kami di 081910060933 (telp/SMS/WA) atau 081224063936 (telp/SMS)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s